Jika Ingin Melakukan Solo Travel, Anda Perlu Tahu Beberapa Tips Berikut Ini

Travel16 September 2021

By Rambu Moara

Jika Ingin Melakukan Solo Travel, Anda Perlu Tahu Beberapa Tips Berikut Ini

Melakukan Solo Travel memiliki banyak kelebihan dan kekurangan, mulai dari masalah keamanan, kesepian, dan rencana yang tidak selamanya berjalan mulus. Berikut beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum memulai solo travel.


1. Lakukan Research Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan perjalanan, Anda tentu harus melakukan riset terlebih dahulu. Mulai mencari tempat wisata, pemilihan tipe kamar hotel, hingga menentukan estimasi budget yang akan Anda keluarkan selama perjalanan.

Begitu pula dalam pemilihan tempat wisata, banyak hal yang harus Anda pertimbangkan, seperti tingkat kejahatan yang terjadi di pelancong, jenis makanan yang tersedia, cuaca hingga keadaan lingkungan. Dengan begitu, akan mudah bagi Anda menyiapkan rencana perjalanan dan back-up plans saat berwisata ke tempat tersebut.

Mengenai budget, dapat Anda sesuaikan dengan rencana perjalanan yang telah dibuat. Seperti menghitung biaya yang dikeluarkan untuk akomodasi, harga tiket masuk, hingga hotel yang akan ditempati.

2. Bawa Barang Secukupnya

Saat mengemasi barang, Anda tidak harus membawa koper berat karena akan menyusahkan Anda nantinya. Cukup kemasi barang-barang Anda dalam sebuah ransel atau tas jinjing. Barang-barang yang harus Anda bawa pun sebaiknya barang yang penting saja. Misalnya membawa handuk kecil, alih-alih membawa handuk piyama. Membawa sepatu serbaguna yang nyaman, obat pribadi, alat isi daya, make up versi travel size dan baju.

Beberapa pakar mengatakan untuk tidak berpenampilan seperti orang yang sedang berwisata. Mengapa demikian? Sebab dengan penampilan yang terlalu mencolok seperti itu akan mengundang perhatian orang yang berusaha menyakiti Anda, misalnya saja pencopet atau penculik. Maka dari itu, bawalah baju yang sederhana dan hindari penggunaan aksesoris berlebih.

3. Catat Nomor Darurat dari Tempat yang Anda Tuju

Saat berwisata sendiri, Anda harus mengetahui beberapa nomor penting yang bisa dihubungi ketika anda mendapat masalah, seperti nomor kepolisian setempat, rumah sakit, pemadam kebakaran, dan juga nomor PLN. Ini bertujuan untuk menghindarkan kejadian tidak terduga. Pastikan juga Anda memilih hotel dengan akses mudah menuju rumah sakit/kantor polisi sehingga perjalanan Anda bisa bebas dari masalah.