Ingin Traveling Seru Ala Backpacker, Berikut Tips Wajb untuk Para Pemula

Travel20 August 2021

By Venisa Ruth

Ingin Traveling Seru Ala Backpacker, Berikut Tips Wajb untuk Para Pemula

Dengan berlibur ala backpacker, Anda dapat berpetualang seru dengan budget yang hemat dan mendapatkan kesempatan lebih untuk menikmati tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Anda juga dapat menelusuri setiap sudut kota sambil mencoba untuk hidup seperti warga lokal setempat.


Apakah anda penggemar traveling? Jika iya, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kata 'backpacker'. Namun meskipun begitu, beberapa dari Anda masih takut atau ragu untuk mencoba berlibur dengan gaya backpacker ini. Kali ini HighEnd membagikan beberapa tips yang wajib diketahui oleh para pemula sebelum memutuskan untuk 'traveling ala backpacker'.

1. Buatlah Itinerary Liburan yang Matang

Membuat daftar rencana liburan atau itinerary adalah bagian paling penting yang harus disiapkan sebelum memulai berpetualang terutama bagi anda yang masih pemula. Itinerary ini juga sudah menjadi hal wajib ada untuk para backpacker. Itinerary adalah rencana perjalanan yang akan kalian kunjungi selama liburan.

Anda dapat mulai mencari tahu kota atau negara tujuan traveling Anda dan mulai membuat list daerah atau tempat mana saja yang ingin dikunjungi. Anda juga dapat membaca beberapa referensi blog atau melihat video mengenai tempat wisata tersebut, dengan begitu akan lebih mudah untuk merancang jadwal perjalanan Anda. Jangan lupa perhatikan akomodasi dan budaya asli di daerah tempat tujuan, sehingga Anda bisa beradaptasi ketika nanti berada di sana.

2. Bawa Barang Secukupnya

Liburan dengan cara backpacker tentu akan menjadi jauh lebih mudah jika Anda membawa barang seperlunya saja. Anda bisa membawa satu buah ransel berukuran sedang hingga besar dan sebuah tas selempang kecil yang dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang penting. Anda tentu tidak mau jika ada barang bawaan yang hilang atau tertinggal karena banyak barang yang dibawa.

Jadi ketika memutuskan untuk 'traveling ala backpacker', Anda harus dapat memilih barang-barang penting apa saja yang dapat dibawa dan di sana harus lebih waspada dalam menjaga barang bawaannya.

3. Pilih Destinasi Liburan yang Friendly

Destinasi liburan ala backpacker juga menjadi salah satu yang wajib dipertimbangkan. Anda dapat mencari destinasi yang tidak memerlukan banyak pengeluaran serta destinasi yang ramah dengan wisatawan. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, liburan tentu akan menjadi lebih tenang, aman dan nyaman. Apalagi saat Anda ingin mengeksplor tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Beberapa destinasi liburan mungkin saja merupakan tempat yang rawan kejahatan seperti pencopetan. Hal ini tentu akan membuat Anda tidak leluasa dalam mengeksplor setiap sudut tempat tersebut. Oleh karena itu penting untuk mencari tau lebih detail tempat atau tujuan yang sudah Anda rencanakan.