Share
Hati-Hati, Inilah 4 Kesalahan Fatal yang Dilakukan Ketika Merawat Wajah
Shela Dhamayanti
29 March 2022

Melakukan perawatan wajah merupakan hal yang penting dan sudah menjadi rutinitas setiap hari. Meskipun begitu, beberapa orang ternyata tidak mendapatkan hasil yang maksimal walaupun sudah melakukan perawatan rutin.


Sebenarnya untuk mendapat wajah yang berseri Anda perlu memahami trik yang tepat ketika melakukan perawatan wajah. Perawatan wajah pun harus disesuaikan dengan kebutuhan jenis kulit masing-masing. Bagi Anda merasa hasil perawatan wajahnya tidak maksimal, mungkin masih ada beberapa cara yang salah. Berikut empat kesalahan fatal dalam melakukan perawatan wajah yang harus Anda perhatikan.

1. Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah memang diperlukan dalam perawatan. Akan tetapi, jika Anda berpikir semakin sering membersihkan, maka kondisi kulit akan bersih. Hal ini tentu saja salah. Vivian Shi, MD, dokter kulit dan asisten professor di University of Arizona, Amerika Serikat mengatakan “Ketika Anda membersihkan wajah terlalu sering, sabun yang digunakan pada wajah bisa menghilangkan seluruh lapisan teratas minyak pada kulit wajah. Hal tersebut justru dapat memicu pelepasan minyak lebih banyak, sehingga mengakibatkan pori-pori tersumbat dan menghasilkan komedo.”

2. Dosis Skincare Berlebihan

Untuk mempertimbangkan kandungan dalam skincare perlu diperhatikan takarannya. Dosis yang berlebihan dalam produk perawatan juga berbahaya bagi kulit. Kulit wajah menjadi alergi serta meradang.

3. Tidak Melakukan Eksfoliasi

Salah satu jenis perawatan kulit yang sangat penting adalah eksfoliasi. Tujuan ini untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Sel kulit mati yang menjadi penyebab masalah kulit, seperti jerawat dan komedo.

4. Tidak Menggunakan Sunscreen

Jangan pernah abaikan perawatan satu ini. Jika Anda melewatkannya, kulit wajah akan menjadi kusam dan kering, karena kehilangan nutrisi serta kelembaban. Ketika kulit terkena langsung oleh paparan sinar matahari, maka akan membuat kondisi kulit menjadi memburuk dan akhirnya menimbulkan flek hitam.

BACA JUGA: Masihkan Anda Sering Memencet Jerawat? Inilah Dampak Buruknya bagi Kulit Anda