Lakukan 5 Kebiasaan Ini untuk Meningkatkan Kualitas Hidup dan Mood di Pagi Hari
Bunga Revina
18 July 2022

Kebiasaan yang Anda lakukan di pagi hari dapat menentukan bagaimana Anda akan melalui hari dan hidup Anda. Coba evaluasi kembali dengan menerapkan 5 kebiasaan baik ini.


Apa hal pertama yang biasa Anda lakukan di pagi hari? Apakah hanya terbaring atau langsung mengecek ponsel? Atau kembali mematikan alarm dengan tombol “Snooze”?

Tahukah Anda bahwa hal-hal atau kebiasaan di pagi hari yang Anda lakukan dapat berpengaruh pada bagaimana Anda akan menjalani hari. Pentingnya untuk membangun kebiasaan baik di pagi hari, juga akan membuat hidup terasa lebih baik.

Simak beberapa kebiasaan baik di pagi hari yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan mood dan kualitas hidup Anda.

1. Matikan alarm dan beranjak dari kasur

Ketika mendengar suara alarm di pagi hari, sebagian orang mungkin akan memilih untuk menekan tombol “Snooze” dan kembali berbaring. Menurut Erin Engle, psikolog klinis di Columbia University Irving Medical Center, mengatakan akan lebih baik jika Anda segera beranjak dari kasur dan melakukan aktivitas yang bisa menarik fokus, seperti berdoa, peregangan, merapikan tempat tidur, atau menggosok gigi. Aktivitas yang mungkin dapat membantu melepas stres dan mendorong tubuh untuk menangani tantangan untuk bisa melalui hari dengan lebih baik.

2. Hindari ponsel

Sebaiknya hindarilah membuka ponsel di pagi hari untuk mengulik notifikasi atau media sosial. Karena tanpa Anda sadari, hal tersebut dapat menurunkan produktivitas di pagi hari.

3. Buka jendela

Biarkan udara segar dan sinar matahari pagi memasuki ruangan kamar Anda. ini dapat membantu Anda merasa lebih segar sebab adanya sirkulasi udara yang masuk.

4. Minum segelas air

Cobalah untuk terlebih dahulu mengonsumsi air putih ketimbang kopi atau teh. Sebab air putih dapat membantu tubuh untuk mencerna makanan dengan baik, membantu penyerapan nutrisi, dan membuang racun tubuh.

5. Sarapan paling tidak satu jam setelah bangun tidur

Eleana Kaidanian, seorang ahli gizi, mengatakan bahwa Anda perlu mengonsumsi makanan setidaknya satu jam setelah bangun tidur. Karena makanan pertama ini akan membangkitkan metabolisme tubuh. Jika, tubuh terlalu lama tidak mendapatkan asupan, maka metabolisme pun akan melambat.

Jika metabolisme berlangsung cepat, sehingga tubuh bisa membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, tubuh pun akan lebih berenergi.