Agar Bersih dan Nyenyak, Seberapa Sering Harus Mengganti dan Mencuci Seprai?

Wellness20 September 2021

By Annisa Indah

Agar Bersih dan Nyenyak, Seberapa Sering Harus Mengganti dan Mencuci Seprai?

Tempat tidur Anda menjadi tempat berkumpulnya segala macam kotoran, minyak, dan keringat ketika Anda tidur diatasnya. Seberapa sering seharusnya seprei digantu agar senantiasa terjaga kebersihan dan kenyamanan yang optimal? Baca terus untuk mengetahui jawabannya!


Pada umumnya, seseorang akan menghabiskan lebih dari 8 jam di tempat tidurnya setiap hari. Oleh karena itu, seprei yang menutupi Kasur tempat tidur akan menjadi tempat penumpukan kotoran, munyak tubuh, sel kulit mati, keringat, dan kotoran lainnya. Tak hanya itu, residu-residu ini dapat mengundang tungau debu serta memicu masalah kesehatan termasuk alergi, iritasi kulit, dan jerawat.

Seprai sebaiknya diganti dan dicuci seminggu sekali agar memastikan seprai tetap bersih dan nyaman. Namun aturan ini tidaklah kaku, dan dapat disesuaikan dengan kondisi riil yang terjadi. Misalnya, jika ada yang mengalami keringat berlebih di saat tidur, atau adanya hewan peliharaan yang juga menggunakan tempat tidur, seprai akan lebih cepat menjadi kotor dan harus sering diganti. Bagi penderita alergi dan yang memiliki kulit sensitive, disarankan untuk lebih sering meangganti seprei, menjadi sekitar setiap 3-4 hari sekali.

Untuk sarung bantal, disarankan untuk mengganti dan mencuci sekali seminggu, dan lebih sering frekuensinya jika Anda tipe yang sering tidur tanpa mencuci muka atau menghapus riasan sebelum tidur. Bantal sebaiknya dicuci atau diganti setiap tiga sampai 5 bulan sekali.

Selimut atau bed cover yang tidak terlalu sering bersentuhan langsung dengan kulit tidak perlu dicuci sesering seprai, sebaiknya setiap sebulan atau dua bulan sekali sudah cukup.