4 Jenis Kaktus Hias yang Mudah Dirawat Sebagai Tanaman Indoor

Design19 September 2021

By Clara Enocensia

4 Jenis Kaktus Hias yang Mudah Dirawat Sebagai Tanaman Indoor

Bentuk, ukuran, warna yang beragam, serta perawatannya yang mudah, membuat jumlah peminat kaktus hias sebagai tanaman indoor menjadi semakin banyak.


Rumah yang dihiasi tanaman ini menjadi selalu kelihatan menarik dan asri, sehingga membuat Anda nyaman saat berada di rumah. Terutama disaat masa pandemi yang memaksa kita tetap di rumah demi menurunkan risiko penularan. Kaktus merupakan salah satu tanaman hias indoor yang cantik dan serta mudah untuk dirawat. Berikut adalah jenis-jenis kaktus hias yang dapat mempercantik ruangan Anda.

1. Old Lady Cactus (Mammillaria hahniana)


Kaktus jenis ini masuk dalam keluarga mammillaria yang memiliki 250 spesies. Walaupun kaktus ini dikelilingi oleh duri namun ia memiliki bunga cantik berwarna ungu yang akan tumbuh di musim semi. Pemeliharaannya pun mudah, cukup disiram sekali dalam seminggu. Tanaman ini cocok bagi Anda yang memiliki aktivitas padat namun tetap ingin mempercantik ruang kerja Anda.

2. Kaktus Bulan (Gymnocalycium mihanovichii)

Kaktus ini memiliki ukuran dan warna yang bervariasi. Jenis yang paling popular adalah kaktus hibotan, yang berasal dari Amerika Selatan. Ia berwarna merah terang, merah muda dan kuning. Kaktus ini dapat tumbuh dengan subur bila terkena di cahaya yang cukup.

3. Kaktus Saguaro (Carnegiea gigantea)

Kaktus ini memiliki tampilan klasik khas dari Gurun Sonora. Ia dapat tumbuh tinggi hingga mencapai empat puluh kaki dengan jangka waktu bertahun-tahun. Kaktus ini dapat dijadikan tanaman indoor sejak lama asalkan Anda meletakkannya di tempat yang terpapar sinar matahari.

4. Kaktus Bintang (Astrophytum asteria)

Populer dengan sebutan kaktus dolar pasir, kaktus ini berbentuk bundar dan terbagi menjadi delapan irisan menyerupai bintang. Ia termasuk ke dalam kategori kaktus mini sebab hanya mampu tumbuh hingga diameter dua sampai enam inch saja.