Share
Panca Garda, Strategi Kebermanfaatan Smartfren (FREN) Bagi Masyarakat Indonesia
HighEnd Editorial
30 July 2024

Smartfren sukses memenangi penghargaan IDX Channel Anugerah ESG 2024 lewat program strategic ESG inisiative to world sustainable creative economy.


Sebagai perusahaan operator telekomunikasi, PT Smartfren Tbk (FREN) menyadari betul posisi strategisnya di tengah masyarakat Indonesia.

Tak hanya untuk melayani kebutuhan komunikasi masyarakat, lebih dari pada itu, keberadaan internet cepat yang merupakan produk andalan Perseroan, diyakini juga dapat menjadi perekat persatuan nasional.

"Kami percaya betul, bahwa sebagai operator telekomunikasi, produk kita adalah internet cepat, di mana internet cepat ini sudah seharusnya bisa kita dorong, kita maksimalkan untuk dapat mempersatukan Indonesia. Makanya kami juga punya tagline, Smartfren 100 Persen untuk Indonesia," ujar Head of Corporate Communications & CSR Smartfren, Dani Miftakhul Akhyar, di sela gelaran IDX Channel Anugerah ESG 2024, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (25/7/20240.

Dalam ajang tersebut, Smartfren sukses memenangi penghargaan IDX Channel Anugerah ESG 2024 lewat program strategic ESG inisiative to world sustainable creative economy.

Penghargaan diterima secara langsung oleh Dani, sebagai perwakilan dari manajemen Smartfren, yang hadir dalam ajang penghargaan terkait penerapan azas lingkungan, sosial dan tata kelola (environment, social and governance/ESG) di lingkup perusahaan tersebut.

Menurut Dani, penghargaan yang didapat tersebut dapat dimaknai sebagi bentuk pengakuan atas beragam program yang telah disusun dan dilaksanakan oleh Perseroan di bidang ESG.
Beragam program tersebut didasarkan pada filosofi bisnis Smartfren, yang terdiri dari lima poin utama, yang diberi nama Panca Garda.

"Jadi kalau Indonesia punya Pancasila, kami di Smartfren juga punya namanya Panca Garda, yang menjadi dasar filosofi bisnis Perseroan," ujar Dani.

Panca Garda ini, Dani menjelaskan, terdiri dari Garda Stabilitas untuk mendukung pendidikan, Garda Budaya yang berisi konten-konten lokal yang ada di seluruh Indonesia, dan Garda Lingkungan, yaitu wadah Perseroan dalam mendukung pelestarian lingkungan, ekonomi hijau dan program-program sejenis.

Selanjutnya, ada Garda Pertumbuhan yang berfokus pada dukungan terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, serta poin terakhir yaitu Garda Persatuan, di mana Smartfren diharapkan dapat memaksimalkan peran strategis produk internet cepat miliknya sebagai wadah persatuan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Selanjutnya, untuk mewujudkan kelima garda tersebut, Perseroan menurunkannya menjadi lima program ESG, yaitu Program Teman Pintar di bidang pendidikan, Teman Bijak Bumi di sektor lingkungan, Teman UMKM Indonesia sebagai bentuk upaya pemberdayaan UMKM, Teman Kreasi Indonesia sebagai wadah pengembangan budaya, serta Bunda Pintar, sebagai wujud dukungan terhadap pemberdayaan perempuan," ujar Dani.

Dari lima program besar tersebut, Dani menjelaskan, pihaknya telah memasang target adanya pengembangan secara berkesinambungan, baik secara kualitas maupun kuantitas, yaitu memperluas cakupan masyarakat yang bisa kita rangkul dan berdayakan.

"Muara dari itu semua, tidak lain, adalah agar Smartfren dapat semakin memaksimalkan kebermanfaatannya di tengah masyarakat Indonesia," ujar Dani.

(Taufan Sukma)