Share
Padukan Warisan Budaya dan Alam NTT, TA’AKTANA Jadi Bintang Baru di Labuan Bajo
Listya Manopo
30 September 2024

Nikmati keindahan surga tropis yang menyuguhkan suasana musim panas sepanjang waktu di TA’AKTANA, a Luxury Collection Resort & Spa, Labuan Bajo.


HighEnd belum lama ini berkesempatan mengunjungi Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, atas undangan TA’AKTANA, a Luxury Collection Resort & Spa, yang baru dibuka pada 31 Mei 2024. Resor baru ini menandai The Luxury Collection sekaligus usaha pertama Marriott International di Labuan Bajo, yang berlokasi strategis di titik pertemuan antara daratan dan laut.

Resor ini juga berfungsi sebagai pintu gerbang ke Taman Nasional Komodo yang terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO dan hanya beberapa langkah dari berbagai objek wisata budaya seperti Gua Batu Cermin, Rumah Tenun, Desa Melo, dan banyak lagi. Nama TA’AKTANA, yang berarti tanah hijau, berasal dari bahasa Manggarai di Pulau Flores dan merupakan sebuah sebutan kehormatan untuk Padang Lingko, hamparan sawah berbentuk jaring yang menjadi bagian berharga dari budaya tradisional Manggarai. Tetap setia pada akarnya, TA’AKTANA mewujudkan sejarah, budaya, dan tradisi adat destinasi tersebut, yang menawarkan pengalaman unik dan autentik Labuan Bajo kepada para pengunjung.

Menempati lahan seluas 16 hektar, TA’AKTANA dirancang dengan sangat apik oleh ANP Interiors dan memiliki 70 kamar tamu, termasuk 25 vila dan 45 suite, masing-masing dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Di antaranya, tujuh over-water villa melambangkan kemewahan dan ketenangan, yang terinspirasi oleh gaya hidup tradisional orang-orang Sea Nomad di Indonesia.

Ta‘aktana 001

Setiap ruangan ditata dengan cermat dengan furnitur dan karya seni elegan yang memamerkan keahlian asli daerah tersebut. Para tamu vila pun dipersilakan untuk menikmati pengalaman yang lebih baik dengan kemewahan tambahan berupa layanan pelayan pribadi 24 jam yang memastikan setiap detail semasa mereka menginap disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan pribadi mereka.

Untuk para tamu lebih mengakrabkan diri dengan resor, TA'AKTANA mengundang merek untuk terlibat dalam tradisi kuliner Labuan Bajo yang kaya dengan tiga restoran khas, lounge, dan bar, yang masing-masing menawarkan representasi otentik dari masakan daerah tersebut. Leros, all-day dining di TA’AKTANA, menyajikan menu pilihan yang terinspirasi oleh kepulauan Indonesia yang luas, sementara Umasa menyediakan pengalaman kuliner Indonesia yang otentik, disajikan dengan menggunakan bahan-bahan yang bersumber secara lokal. Taba, restoran Jepang dengan ciri khas panggangan Robata, berfokus pada bahan-bahan premium dari nusantara, yang disiapkan dengan menggunakan teknik Jepang yang presisi. Para tamu pun dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang menawan di Nera Lounge, yang menawarkan pilihan tapas, koktail, kopi, dan teh. Terakhir, untuk suasana yang lebih semarak, Maiga! Bar menawarkan pemandangan laut yang indah dan menu inovatif berupa minuman dan camilan yang menggugah selera.

Ta‘aktana 002

Selain bersantap, resor ini menyediakan pusat kebugaran canggih untuk para tamu berolah raga. Untuk relaksasi terbaik, Di'a Spa menawarkan tempat peristirahatan yang tenang yang terinspirasi oleh gua-gua mistis Labuan Bajo, yang memiliki enam ruang perawatan pribadi, ruang uap, kolam renang kecil, dan banyak lagi. TA'AKTANA juga menyediakan tempat yang ideal untuk acara-acara khusus, mulai dari pertemuan bisnis di salah satu dari dua ruang acara hingga pernikahan di kapel tepi laut.

Dibangun di atas tiga pilar— heritage, human, and environmental sustainability —TA'AKTANA merangkul warisan budaya yang kaya dari Nusa Tenggara Timur sambil memadukan unsur-unsur dunia modern saat ini. Resor ini banyak berkolaborasi dengan vendor dan pengrajin lokal untuk memamerkan bakat dan produk mereka, mendukung keberlanjutan manusia dengan menumbuhkan kesejahteraan dalam masyarakat. Yang terakhir, untuk menunjukkan komitmen pada keberlanjutan lingkungan, TA'AKTANA juga bertujuan untuk melindungi dan melestarikan planet ini untuk generasi mendatang. Lebih dari sekadar resor, TA'AKTANA merupakan penghargaan bagi keindahan alam dan kekayaan budaya Nusa Tenggara Timur.