Share
Mengenal Lebih Dalam 5 Pesona Desa Wisata di Labuan Bajo 
Yesica Kirana
10 October 2024

Labuan Bajo merupakan destinasi wisata yang terkenal dengan keindahan alam serta memiliki kebudayaan yang khas dan menjadi salah satu Warisan Dunia UNESCO. Desa wisata ini terletak di Manggarai, Nusa Tenggara Timur.


Terletak di ujung barat NTT, Labuan Bajo memiliki keindahan laut dan alam yang begitu mempesona dan menjadi salah satu wisata yang terbanggakan oleh Indonesia hingga mancanegara. Tidak hanya itu, Taman Nasional Komodo, yang terdiri dari Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, dan pulau lainnya bahkan terpilih menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991. Selain itu, di sini Anda akan menemukan berbagai rekomendasi destinasi wisata berupa desa-desa menawan yang menyuguhkan pemandangan indah dan kebudayaan unik mereka.

Berikut 5 desa wisata yang terdapat di sekitar Labuan Bajo:

1. Desa Waerebo

Desa Wae Rebo

Dijuluki sebagai Desa di Atas Awan, desa ini terkenal dengan rumah adat Mbaru Niang yang berbentuk kerucut dan berwarna gelap. Kehidupan masyarakat setempat masih sangat tradisional, sehingga Anda bisa belajar lebih dalam tentang kebudayaan Manggarai. Terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, desa ini menawarkan pemandangan spektakular dengan suasana yang sejuk.

2. Desa Liang Ndara

Desa Liang Ndara

Desa ini menyuguhkan pemandangan bukit hijau dan dijadikan sebagai Desa Wisata Berkelanjutan dari Kemenparekraf sejak tahun 2020. Di sini Anda dapat menyaksikan tarian khas mereka yakni, Tari Caci yang dilakukan oleh sepasang laki-laki dengan aksesoris lengkap seperti cambuk, dan perisai yang terbuat dari kulit kerbau. Uniknya tarian ini sebagai simbol sikap ksatria yang diyakini oleh warga setempat.

3. Desa Goa Rangko

Goa Rangko

Di desa ini terdapat sebuah goa dengan kolam air asin yang jernih, dan menawarkan pengalaman unik. Meskipun berada di dalam goa, Anda akan menikmati pemandangan alam yang memukau. Uniknya Anda juga dapat menjelajahi kolam gua dengan perahu, lalu bersantai dan berjemur di pantai yang indah.

4. Desa Todo

Desa Todo

Terletak di kecamatan Satar Mese Barat, Todo merupakan salah satu desa bersejarah yang terkenal dengan rumah adat berbentuk kerucut serta batu-batu besar yang digunakan sebagai tempat pemujaan leluhur. Desa ini dulunya merupakan pusat kekuasaan Kerajaan Manggarai.

5. Desa Komodo

Desa Wisata Komodo

Berlokasi di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, desa ini menawarkan pengalaman untuk lebih mengenal tentang komodo. Selain itu, Anda dapat melakukan aktivitas trekking dengan melewati bukit dengan pemandangan hijau yang mempesona. Pada waktu tertentu Anda bahkan akan dapat melihat pertunjukkan seperti Tari Aru Gele, ritual persembahan, dan aktivitas budaya lainnya.