Share
Berbagai Manfaat Buah Plum yang Kaya Akan Serat bagi Kesehatan Anda
Clara Enocensia
17 September 2021

Tak hanya mampu menurunkan berat badan, berikut adalah berbagai manfaat mengkonsumsi buah plum bagi kesehatan.


Baru-baru ini buah plum menjadi buah yang sangat terkenal. Berkat kandungan seratnya yang tinggi, sejak dulu buah plum sudah dikonsumsi untuk mengatasi konstipasi. Selain tinggi serat, kalori yang ada pada buah ini pun terbilang rendah. Buah ini memiliki banyak sekali peminat, sebab dinilai efektif untuk menurunkan berbagai khasiat dari buah plum bagi kesehatan.

1. Menangkal Radikal Bebas

Salah satu manfaat dari buah plum adalah sebagai sumber antioksidan. Selain itu buah plum kaya akan vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, asam neoklorogenik, dan asam klorogenat. Kandungan zat- zat tersebut membuat buah ini mampu untuk mencegah kerusakan sel somatik akibat radikal bebas dan mampu mencegah kerusakan oksigen dalam lemak.

2. Memperlancar Pencernaan

Buah plum dapat melancarkan pencernaan serta melindungi pencernaan Anda dari konstipasi. Buah ini mengandung serat, sorbitol, isatol, dan isatin yang mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini tentunya menjadi keuntungan bagi Anda yang sedang menjalani diet agar terhindar dari konstipasi.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kandungan flavonoid pada buah plum dapat memberikan perlindungan terhadap resistensi insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin dalam darah. Walaupun buah plum banyak mengandung karbohidrat, tetapi serat dalam buah plum dapat memperlambat pemecahan karbohidrat menjadi gula. Sehingga aman bagi orang yang berisiko ataupun penderita diabetes

4. Menurunkan Berat Badan

Buah plum tidak asing bagi orang-orang yang melakukan diet sehat. Buah plum kaya akan serat dan karbohidrat sehingga mampu membuat tubuh tetap berenergi dan merasa kenyang lebih lama.